Jangan Abaikan Gangguan-gangguan Perut di bawah Ini

Terkadang rasa sakit perut kerap mengganggu saat beraktivitas. Meskipun terganggu namun seringkali kita mengabaikan sakit perut tersebut atau sekedar menahannya saja.
Sakit perut memang dapat menjadi keluhan umum yang sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang sakit perut tidak hanya berasal dari perut itu sendiri. Namun beberapa jenis sakit perut bisa menandakan penyakit yang lebih serius.
Gangguan pada organ-organ di sekitar perut seperti ginjal dan empedu bisa juga berdampak pada kondisi perut. Nyeri yang muncul di perut tentu berbeda-beda tergantung penyebabnya. Ada yang terasa di perut bagian atas, samping atau merambat ke bagian tubuh lain.Berikut ini adalah jenis sakit perut yang bisa menandakan adanya penyakit lain yang tidak boleh diabaikan adalah sebagai berikut:1. Perut bagian bawah mengalami kramKondisi ini bisa menandakan colitis atau diverticulitis, yakni kondisi peradangan pada usus besar. Penyebabnya adalah infeksi akut di saluran pencernaan dan bisa diatasi dengan antibiotik.2. Rasa terbakar di belakang tulang dada dan memburuk saat laparBiasanya kondisi ini disebabkan oleh gastritis, sejenis radang pada dinding lambung. Keluhan akan hilang saat menghindari penyebab yang berbeda-beda pada setiap individu, bisa karena alkohol atau makanan pedas. gangguan ini bisa menandakan kanker usus besar3. Kram di perut bagian tengahKram yang memburuk saat makan sesuatu dan mereda setelah buang air besar biasanya menandakan Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom perut sensitif. Cara mengatasinya cukup dengan menghindari makanan penyebab kekambuhan.4. Nyeri di perut bagian atasSering disebut sebagai nyeri dada dan disebabkan oleh refluks atau naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Istilah lainnya adalah GERD (Gastro Esophagial Reflux Disease). Pengobatannya cukup dengan antasida yang sering dipakai sebagai obat maag.5. Rasa tak nyaman di bagian kanan atas perutJika gejalanya memburuk saat banyak makan lemak, bisa jadi itu gejala pembentukan karang empedu atau gallstones. Karang tersebut terbentuk oleh kolesterol yang terperangkap di kantong empedu.Apabila nyeri tidak kunjung hilang, sering kambuh atau disertai demam maka sebaiknya diperiksakan ke dokter. Selain untuk mengeluarkan karang empedu, juga untuk memastikan tidak adanya kanker di bagian tersebut.6. Nyeri di perut bagian tengah yang menjalar ke sampingBiasanya menandakan appendicitis atau radang pada usus buntu, bagian dari usus besar yang selalu menjadi kontroversi terkait fungsinya di dalam tubuh. Diagnosisnya tidak mudah, karena itu disarankan untuk periksa ke dokter untuk memastikan. Kalaupun harus operasi, tingkat keberhasilannya cukup tinggi.Yang perlu diwaspadai adalah jika disertai pembengkakan perut dan denyut jantung yang berpacu. Gejala ini bisa menandakan pecahnya usus buntu maupun peritonitis atau radang selaput perut.7. Nyeri intens di bagian panggulJika disertai demam, maka ada kemungkinan tejadi infeksi pada ginjal. Jika disertai susah buang air kecil, bisa juga menandakan adanya pembentukan batu ginjal. Kristal kalsium yang berasal dari sisa metabolisme bisa menumpuk di ginjal, lalu membentuk batu di bagian tersebut.Beberapa obat atau ramuan bisa diberikan oleh dokter untuk meluruhkan batu ginjal. Alternatifnya, operasi bisa dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal.(Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar